JalanJalan

Traveler Harus Tahu Pulau Semak Daun yang Seru untuk Wisata

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Semak Daun memang sudah cukup populer menjadi tempat camping di Kepulauan Seribu bagi mereka yang gemar kegiatan outdoor. Keseruan camping di Pulau Semak Daun sangat cocok bagi Anda yang ingin wisata backpacker ke Pulau Seribu di Jakarta. Semak Daun Island memiliki luas keseluruhan kurang lebih 8 hektare dengan suasananya yang cukup rimbun.

Selain itu, Pulau Semak Daun pun memiliki hamparan pasir putih sepanjang garis pantainya dan airnya jernih berwarna kehijauan. Pulau Semak Daun notabene merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang difungsikan oleh Pemerintah DKI Jakarta sebagai kawasan konservasi mangrove.

Rute Menuju Pulau Semak Daun

Untuk mencapai Pulau ini, tidak ada rute kapal yang langsung menuju lokasi, sehingga Anda diharuskan transit lebih dulu di Pulau Pramuka. Setelah itu, Anda dapat langsung mencari kapal nelayan kecil yang banyak terdapat di dermaga untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Semak Daun.

Setibanya di Pulau Semak Daun, bagi Anda yang berencana camping alias menginap nantinya akan dikenakan biaya retribusi untuk mendirikan tenda. Namun bila Anda hanya ingin one day trip saja tanpa menginap, maka tidak ada biaya yang dikenakan. Dikarenakan pulau ini tak berpenghuni, maka jangan harapkan adanya fasilitas villa atau homestay.

Tetapi sebagai gantinya, Anda dapat bebas menentukan lokasi camping. Meskipun begitu, bukan berarti pulau ini tak memiliki penghuni sama sekali, terdapat satu keluarga yang bertugas menjaga pulau tersebut. Sebagai tambahan fasilitas, penjaga juga mendirikan sebuah warung dan toilet sederhana dengan air payau yang dapat dipergunakan. Lantas keseruan apa saja yang terdapat dipulau ini? banyak hal menarik yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu wisata ke Pulau Semak Daun, seperti berkeliling pulau, snorkeling hingga memancing.

Kemudian bila Anda ingin membuat api unggun, sudah disediakan kayu bakar yang bisa Anda dapatkan dengan cara membeli. Sedangkan untuk snorkeling, Anda bisa berenang disekitaran pulau tanpa harus jauh ketengah laut. Namun apabila Anda hendak menyewa kapal nelayan, Anda akan diantarkan menuju lokasi spot snorkeling terdekat seperti disekitar Pulau Air dan Pulau Kerang Beras.

Untuk menyinggahi pulau wisata di Kepulauan Seribu, terdapat 4 opsi, yaitu dengan kapal tradisional (kapal kayu), kapal PELNI, kapal feri, dan kapal cepat (KM. Kerapu atau speedboat). Nah jika pilihan Anda jatuh pada naik kapal tradisional atau KM. Kerapu atau kapal feri, Anda harus menuju Pelabuhan Kaliadem yang terletak di belakang Pasar Ikan Muara Angke.

Namun jika Anda ingin naik speedboat, maka Anda harus naik dari Dermaga Marina, Ancol. Namun jika pilihan Anda naik kapal PELNI, Anda harus naik dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Pada umumnya, harga tiket masuk tempat wisata ini berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa.

Daftar Harga Tiket Pulau Semak Daun

Berikut ini merupakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Administrasi Kepulauan Seribu. Harga inj bisa berubah sewaktu-waktu, misalnya saat weekday harga tiket masuk Pulau Semak Daun sekitar Rp385,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Pulau Semak Daun adalah Rp385,000.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday berlaku untuk hari Senin -Jumat, sementara weekend berlaku pada hari Sabtu dan Minggu.

Setiap tempat wisata pasti mempunyai jam operasional yang berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kab Administrasi Kepulauan Seribu. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Pulau Semak Daun. Pulau Semak Daun buka jam 24 jam dan tutup jam. Objek Wisata Pulau Semak Daun di Kepulauan Seribu Jakarta bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan  Buat Anda yang membawa kendaraan sendiri, Anda tidak perlu khawatir karena disini terdapat area parkir yang luas.
  • Kamar Mandi / MCK    Nah disini Anda juga dapat menemukan kamar mandi, jadi Anda juga tidak perlu khawatir tidak bisa buang air atau memenuhi kebutuhan pokok manusia.
  • Tempat Istirahat  Selain ada kamar mandi dan area parkir, disini Anda juga dapat menemukan tempat istirahat. Dan jika ingin bermalam Anda bisa menginap dengan membawa peralatan menginap sendiri yakni tenda.
  • Penyewaan Perahu Motor

Untuk Anda penikmat lautan nan indah, pulau daun semak ini menyediakan penyewaan perahu motor loh! Jadi Anda bisa menikmati indahnya panorama pulau daun semak ini.

Objek Wisata Pulau Semak Daun di Kepulauan Seribu Jakarta memang salah satu tempat wisata yang harus Anda kunjungi karena pesona keindahan yang tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Kepulauan Seribu juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisata ini juga memiliki pemandangan yang cantik sangat cocok dijadikan tempat pelarian sejenak dari padatnya rutinitas sehari-hari. Sama halnya dengan namanya, pulau ini hanya ditumbuhi oleh semak-semak dan pepohonan. Namun pulau ini memiliki pantai yang landai, bersih dan berpasir halus. Air lautnyapun masih sangat jernih dan biru, menggoda siapapun untuk berenang bukan?.

Pulau Semak Daun hrga - Traveler Harus Tahu Pulau Semak Daun yang Seru untuk Wisata

Asyiknya lagi, ada sunrise kece saat mata terbuka dari mimpi, dan sunset yang super-romantis sebelum datang malam berbintang. Hal penting yang dapat Anda nikmati disini ialah keindahan panorama pantai, sunset dan sunrise yang indah, bahkan kehidupan di bawah lautnya-pun menyegarkan mata. Pemandangan bawah lautnya cantik sekali, dengan terumbu karang dan koral yang indah serta ikan-ikan dengan jumlah banyak.

Sayangnya, di Pulau Semak Daun ini belum tersedia fasilitas yang memadai. Jangan harap menemukan homestay atau penginapan disini. Jika ingin menghabiskan malam disana, satu-satunya cara yang dapat ditempuh ialah dengan berkemah, mendirikan tenda di pantai-pantai Pulau Semak Daun. Untuk kamu yang haus petualangan, tentunya cara ini bisa menjadi pilihan yang paling menyenangkan; mendirikan tenda, menyalakan api unggun dan berbaring di hamparan pasir sambil menyaksikan bintang-bintang menghiasi langit malam.