Beauty

Wajah Cantik dan Glowing dengan 5 Masker Penghilang Komedo

Pinterest LinkedIn Tumblr

Komedo sangatlah mengganggu apalagi ketika sudah memasuki usia pubertas, maka produksi minyak atau sebum semakin meningkat. Apabila minyak menumpuk di pori-pori akhirnya akan beroksidasi dan menjadi komedo.

Komedo umumnya berwarna hitam dan putih yang selalu mengisi pori-pori di beberapa bagian wajah, seperti di hidung, kening, dagu, dan juga pipi. Keberadaan komedo sangatlah mengganggu, selain dapat membuat pori-pori terbuka, efeknya juga dapat menyebabkan wajah tampak kusam dan tua.

Pastinya Anda sudah sangat gatal untuk menyingkirkan komedo secara langsung, bahkan sampai memencet komedo adalah cara termudah untuk dilakukan. Namun apakah Anda tahu bahwa hanya dengan memencet komedo itu kurang efektif apalagi komedo bukannya menghilang justru akan bertambah?

Komedo sangatlah sulit untuk dibasmi dan akan selalu ada di pori-pori wajah Anda apabila Anda kurang tepat dalam melakuka perawatan. Beberapa perlakuan yang bisa memicu komedo adalah menumpuknya sel-sel kulit mati di bagian folikel rambut pori-pori wajah, kemudian terlalu lamanya Anda menggunakan make up sehingga tidak segera dibersihkan, dan terakhir dipicu oleh pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes.

Namun Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara mudah dan murah untuk membasmi komedo di wajah secara membandel. Anda cukup menggunakan berbagai masker berbahan alami sehingga sangat aman dan ampuh untuk Anda gunakan. Apa sajakah dan bagaimakah caranya? Berikut penjelasannya.

Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang kaya akan vitamin C serta rasanya yang sangat masam. Namun dibalik rasa masamnya rupanya jeruk nipis memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan wajah Anda termasuk dalam membasmi bintik-bintik komedo yang membandel di wajah.

Kandungan anti oksidannya yang tinggi juga dapat membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah Anda jadi sangat ampuh untuk membasmi komedo. Caranya belah menjadi dua bagian jeruk nipis, lalu peras airnya.

Air jeruk nipis tersebut Anda oleskan ke wajah Anda yang memiliki komedo dan tunggu sampai air terasa menyerap ke kulit. Rasanya akan sedikit perih namun itu hanya bersifat sesaat. Gunakan secara rutin setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu maka tidak hanya komedo yang terangkat, kulit Anda akan tampak lebih cerah.

Masker Tomat

Bahan sayuran yang berwarna merah satu ini memang sangat segar untuk dikonsumsi secara langsung. Rupanya kesegaran dari tomat juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi komedo secara alami.

Adanya kandungan lycopene pada tomat sangat ampuh untuk membasmi komedo serta meningkatkan kecerahan kulit wajah Anda dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya iris tipis-tipis tomat lalu tempelkan ke seluruh bagian wajah Anda dan diamkan sampai tomat mengering lalu bilas dengan air bersih dan juga sabun cuci muka.

Apabila Anda ingin menginginkan cara masker tomat yang lain, maka haluskan tomat dan campur dengan madu lalu olesi secara merata ke seluruh wajah Anda. Gunakan masker tomat secara rutin setidaknya 3 kali seminggu maka kulit wajah bebas komedo akan Anda dapatkan.

Masker Putih Telur

Putih telur sudah lama dijadikan sebagai bahan kosmetik dan juga bahan masker oleh beberapa franchise kecantikan. Nah putih telur rupanya juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi komedo dan mengangkatnya secara aman.

Caranya adalah Anda pisahkan terlebih dahulu bagian antara kuning dan putih telur ayam, lalu aduk putih telur sampai tidak terlalu menggumpal. Selanjutnya olesikan ke bagian wajah Anda yang sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya.

Diamkan selama 30 menit atau sampai masker mengering, lalu kelupas masker putih telur yang telah mengering secara perlahan jangan sampai membuat kulit Anda perih dan memerah. Putih telur tidak hanya dapat mengangkat komedo saja, namun juga dapat mengecilkan pori-pori wajah Anda sehingga komedo tidak akan bersarang lagi di pori-pori dan wajah pun menjadi lebih berseri.

Masker Madu

Madu sudah tentu terkenal dengan sebutan sejuta manfaat. Manfaat dari madu tidak hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga untuk kulit wajah Anda agar tetap indah dengan membasmi komedo.

Caranya adalah bersihkan wajah Anda dengan air hangat atau bila perlu lakukan proses uap pada wajah Anda sampai pori-pori wajah terbuka. Selanjutnya olesi madu dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air dingin, lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu maka komedo pun hilang.

Masker Ampas Kopi Hitam

Apabila Anda menyukai meminum kopi hitam atau mungkin sanak keluarga Anda rutin sekali meminum kopi hitam, maka akan menyisakan ampas yang tak terpakai dan akhirnya terbuang begitu saja. Padahal ampas kopi itu sendiri mampu menumpas komedo Anda sampai tuntas.

Kopi sudah menjadi trend di dunia kecantikan karena manfaatnya dalam mencerahkan kulit wajah dan menjaga kulit wajah tetap awet muda. Nah dengan memanfaatkan ampas kopi yang ada, maka kumpulkan ampas kopi lalu jadikan sebagai bahan masker wajah Anda.

Caranya ampas kopi yang sudah tersebar merata di wajah Anda didiamkan selama 5 sampai dengan 10 menit lalu gosok wajah Anda secara perlahan maka permukaan ampas kopi akan mengangkat komedo di wajah Anda.

5 cara membuat masker alami untuk memberantas komedo di atas sangat mudah untuk Anda lakukan. Tak perlu biaya mahal dan juga bahan yang alami dijamin akan sangat aman untuk Anda gunakan. Perlakuan secara rutin justru akan semakin mempercepat proses penghilangan komedo-komedo di wajah Anda.