JalanJalan

Wisata Keluarga yang Nyaman: Telaga Sarangan, Magetan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi Anda yang bosan dengan rutinitas dan keseharian kota, sekali-kali cobalah berwisata ke daerah pegunungan yang menyajikan aneka pemandangan indah. Telaga Sarangan adalah salah satu destinasi wisata di daerah pegunungan sekaligus wisata telaga yang menyajikan pemandangan indah. Udara sejuk pegunungan serta keindahan telaga dijamin memuaskan Anda dalam berwisata serta memberi kesegaran bagi Anda untuk memulai kembali pekerjaan harian di kota.

Lokasi Telaga Sarangan

Telaga Sarangan terletak di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Wisata telaga ini berada di lereng gunung Lawu, tepatnya pada ketinggian 1.200 mdpl. Telaga ini memiliki luas sekitar 30 hektar, dengan kedalaman sekitar 28 meter. Dengan berjalan kaki, naik kendaraan, atau naik kuda Anda bisa mengitari telaga ini sambil menikmati aneka pemandangan air telaga dan gunung Lawu yang indah. Udara yang sejuk dengan suhu 15-20 derajat dijamin menambah kesegaran Anda dalam menikmati suasana liburan.

Untuk menuju ke obyek wisata Telaga Sarangan ini caranya mudah, ada berbagai kendaraan yang bisa Anda gunakan, baik kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Dari kota Magetan, jarak menuju telaga ini sekitar 16 kilometer, atau 20-30 menit perjalanan. Dari kota madiun berjarak sekitar 30 kilometer, atau jika dari arah Surabaya berjarak sekitar 200 kilometer.

Bagi Anda yang datang dari Surabaya dan sekitarnya tak perlu risau dengan jarak yang jauh, sebab Anda bisa memanfaatkan jalur tol mulai dari Surabaya atau Mojokerto dan turun di tol caruban (Madiun) atau Paron (Ngawi). Dengan melewati jalur tol perjalanan Anda akan lebih cepat dan lancar. Obyek wisata Telaga Sarangan ini berdekatan dengan perbatasan antara Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, sehingga bagi Anda yang hendak menuju Telaga Sarangan dari arah Solo, Yogyakarta, Magelang dan sekitarnya lebih baik melalui jalur Karanganyar (Solo) yang mana dari kota Solo hanya berjarak 60 kilometer.

Akses kendaraan apapun bisa menuju Telaga Sarangan, karena jalan raya menuju telaga tersebut relatif bagus dan lebar. Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum, ada banyak kendaraan yang bisa digunakan untuk mengantar Anda menuju Telaga Sarangan. Jika Anda naik bus antar propinsi baik dari arah Yogyakarta atau pun Surabaya, turunlah di terminal Maospati.

Dari terminal Masopati, pilihlah kendaraan angkutan umum (colt) atau bus yang menuju Terminal Magetan. Tak butuh waktu lama menuju terminal Magetan, hanya sekitar 20-30 menit. Dari Magetan Anda bisa naik kendaraan umum atau angkutan yang menuju arah Plaosan. Dengan kendaraan umum, dari kota Magetan menuju Plaosan membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Jika sudah tiba di Plaosan, Anda sudah semakin dekat dengan Telaga Sarangan.

Dari Plaosan Anda bisa naik ojek motor. Atau jika Anda tak ingin repot berpindah-pindah kendaraan, baik dari terminal Maospati atau pun terminal Magetan Anda bisa pula menggunakan moda transportasi online, grab atau gojek, dan langsung menuju tempat tujuan ke Telaga Sarangan. Aneka transportasi mudah dijangkau untuk menuju Telaga Sarangan.

Tiket dan Fasilitas di Telaga Sarangan

Selain akses yang mudah, harga tiket masuk menuju Telaga Sarangan juga murah, yakni Rp. 7.500,00 untuk orang dewasa dan Rp. 5.000,00 untuk anak-anak. Untuk biaya parkir mobil Rp. 5.000,00, parkir motor Rp. 2.000,00, dan bus Rp. 10.000,00. Dengan harga yang murah, di Telaga Sarangan Anda akan terpuaskan dengan aneka pemandangan wisata telaga dan pegunungan Lawu yang indah memesona. Ada aneka fasilitas yang bisa Anda nikmati ketika berwisata di Telaga Sarangan. Aneka fasilitas tersebut antara lain:

  • Fasilitas Becak Air Fasiltas ini bisa Anda nikmati mulai dari harga Rp. 50.000,00 per orang. Dengan becak air, Anda bisa mengelilingi telaga sepuas Anda.
  • Speed Boat Di samping dengan menggunakan becak air, Anda juga bisa mengelilingi Telaga Sarangan dengan naik speed boat. Dengan tarif tiket seharga Rp. 50.000,00, Anda sudah bisa mengelilingi telaga untuk satu kali putaran. Nikmati sensasi mengelilingi Telaga Sarangan dengan menaiki speed boat yang pastinya semakin memberi kepuasan bagi Anda dalam berwisata.
  • Naik Kuda Salah satu fasilitas yang banyak diminati para pengunjung adalah naik kuda menyusuri pinggiran Telaga Sarangan. Ada banyak kuda yang bisa digunakan. Dengan tarif seharga Rp. 50.000,00 Anda bisa menyusuri pinggiran telaga untuk satu kali putaran. Bagi Anda yang berwisata bersama keluarga juga bisa menikmati keindahan telaga dengan naik dokar kuda.
  • Sate Kelinci  Salah satu jajanan khas yang terdapat di sekitar Telaga Sarangan adalah sate kelinci. Makanan ini banyak diminati oleh para pengunjung. Dengan harga Rp. 20.000,00 Anda sudah bisa menikmati 10 tusuk sate kelinci beserta lontong dan sambal kacang yang pastinya akan memuaskan Anda dalam menikmati wisata kuliner di Telaga Sarangan.
  • Pasar Souvenir dan Sayuran  Di samping telaga atau pada jalan arah menuju telaga terdapat pasar souvenir yang menyajikan aneka souvenir mulai dari baju, ukiran, gelang dan aneka souvenir lain khas Magetan. Di samping itu, terdapat pasar sayur yang banyak dikunjungi orang karena kualitas sayuran yang dijual di pasar ini selalu segar dan baru.
  • Hotel dan Penginapan  Ada banyak hotel atau penginapan yang berada di sekitar obyek wisata Telaga Sarangan. Dengan tarif mulai dari Rp. 150.000,00 Anda bisa menginap di hotel tersebut. Aneka keindahan pemandangan serta fasilitas yang tersedia di Telaga Sarangan dijamin memberi kepuasan bagi Anda dalam berwisata. Di sekitar Telaga Sarangan juga ada aneka obyek wisata lain yang juga bisa Anda nikmati, seperti Air Terjun Tirtosari, Air Terjun Watu Ondo, Pundak Kiwo, dan Jarakan. Wisata Telaga Sarangan memancarkan keindahan alam dan aneka fasilitas yang memberi kenyamanan bagi Anda dalam berlibur atau berwisata bersama keluarga dan orang-orang yang dicintai.